Penggunaan Kata Salah

Salah berarti tidak benar atau tidak sesuai. Biaanya kata ini dipakai ketika melakukan pekerjaan. Contohnya salah menghitung. Biasanya kata salah juga mendapat berbagai imbuhan, bahkan bisa diulang. Namun artinya juga berbeda. Maka harus memperhatikan dan memahami apa arti dari kata salah yang sesungguhnya. Berikut ini imbuhan kata salah dengan berbagai macam makna :

1. Salah salah
Kata salah salah disini berarti jangan jangan atau meskipun salah. Contohnya seperti seseorang yang mencurigakan salah salah dia seorang pencuri. Jadi penggunaan kata ini sebagai wujud dari rasa curiga terhadap seseorang. Atau sebagai bentuk prasangka.

2. Bersalah
Kata salah ditambah dengan kata ber artinya adalah melakukan kekeliruan atau berbuat keliru, atau berbuat sesuatu yang melanggar aturan. Contohnya Rudi divonis bersalah oleh hakim atas kasus pencurian, sehingga ia mendapat hukuman berupa kurungan dan denda. Jadi penggunaan kata bersalah biasanya melekat pada orang yang tidak sesuai atau tidak patuh pada aturan.

3. Bersalahan
Kata dasar salah yang diimbuhi awalan ber dan akhiran an memiliki berlainan atau berbeda. Biasanya kata bersalahan digunakan saat melakukan salah tafsir tau salah lihat. Contohnya anak kembar tapi berlainan mukanya. Selain itu juga berarti bertentangan, contohnya dalam hal berpendapat. Tentu ada saja pendapat yang bertentangan satu sama lain. dan juga memiliki arti bercekcok, ketika mendengar cekcok pasti tidak jauh dari pertengkaran. Namun dalam hal ini pertengkarannya hanya berupa ucapan bukan fisik.

4. Tersalah
Mendapat imbuan ter , salah disini berarti dituduh atau disalahkan. Contohnya ada seorang maling, namun ada salah satu orang yang dicurigai sebagai tersalah. Namun ketika ditelusuri ternyata bukan orang itu. Maka orang tadi telah disalahkan atau dituduh sebagai pencuri.

5. Mempersalahkan
Mungkin kalian sering mengucapkan kata mempersalahkan apalagi dalam sebuah hubungan, artinya sendiri adalah menganggap salah atau menimpakan kesalahan. Contohnya sebuah pasangan mempermasalahkan tentang hal kecil seperti datang terlambat. Nah disini yang terlambat lah yang membuat kesalahan dan yang menunggu mempersalahkan pada yang terlambat.

6. Kesalahan
Kata salah selanjutnya adalah kesalahan. Ini artinya ada kekeliruan, contohnya kesalahan berbicara. Harusnya mengucapkan apa tapi yang keluar apa. Dan kata ini juga sering kalian dengar bahkan sering digunakan juga.

Itu tadi ke enam kata dengan dasar kata salah. Yang mana ke tujuh kata tersebut artinya berbeda beda, begitupun dalam penggunaan atau dijukan kepada siapa. Dari ketujuh kata tersebut setidaknya anda bisa membedakan mana yang mesti kalian pakai ketika akan mengucapkan. Intinya mah tentang sesuatu yang menyimpang atau tidak sesuai aturan tapi porsi pemakaiannya berbeda beda. Serta tingkatannya juga berbeda, ketika berbicara dalam acara formal ataupun acara santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *